Mengelola Tabel Pada Worksheet Excel 2007

Cara membuat tabel di Microsoft Excel 2007 sebenarnya hampir sama dengan di Microsoft Excel versi 2003 dan 2010. Begitu juga untuk versi diatasnya.

CaraMembuat Tabel di Worksheet Kosong
  • Apabila dokumen Excel Anda masih kosong, belum ada satupun data di dalamnya. Maka ikuti panduan yang ini.
  • Buat dokumen Microsoft Excel baru kemudian klik menu Insert – Table. Akan muncul perintah seperti gambar berikut :

  • Biarkan saja jendela perintah yang muncul, jangan di klik. Tandai baris dokumen dengan cara mengklik dan tahan lalu tarik disepanjang baris dan kolom sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan, misal 5 kolom 10 baris. Baru kemudian klik tombol OK di jendela perintah.
  • Selesai, tabel Anda sudah jadi. Sekarang tinggal memasukkan angka-angkanya, seperti gambar berikut :
 

Cara Membuat Tabel di Worksheet Yang Sudah Ada Datanya dengan Border
Cara membuat tabel di lembar kerja excel yang sudah ada datanya, sedikit berbeda dengan membuat tabel di lembar kerja kosong. Walaupun bisa saja memakai cara di atas tapi akan lebih sulit, lebih mudah menggunakan border.
Untuk membuat tabel dengan border, buka dokumen microsoft excel anda, anggap saja datanya seperti ini. Blok atau tandai semua baris dan kolom yang terdapat data di dalamnya. Kemudian klik tanda ikon menu border kemudian pilih all borders atau outside borders. All borders untuk memberi garis border disemua tabel, sedangkan outside borders memberi garis hanya di luar data yang kita tandai.

Worksheet Yang Udah Ada Datanya

Outside Border

All Border
Hasil akhirnya seperti gambar di atas. Kita bisa juga memilih jenis garis menggunakan langkah di atas, pilih opsi Line Style atau merubah warna garis dengan opsi Line Color.

Cara Menyisipkan Cell, Kolom atau Baris di MS Excel
Pertama yang harus kita lakukan adalah buka data excel yang akan disisipi sebuah kolom, misalnya Kita ambil sebuah contoh sebuah table MS Excel seperti pada gambar di bawah ini yaitu table nilai siswa Kelas XI MIA 3, dalam kasus ini kita lupa tidak memberi kolom nilai kimia.

Table Nilai Siswa Kelas XI MIA 3 Kurang Kolom Nilai Kimia

Setelah kita buat sebuah table MS Excel seperti diatas, selanjutnya Blog pada kolom "B. Inggris" dari atas hingga bawah, atau lebih rincinya dari cell G5 hingga G13, lalu klik kanan mouse sehingga nantinya akan muncul sebuah menu pop up sebagaimana gambar berikut ini:

Kemudian setelah muncul menu pop up seperti di atas, silahkan klik "INSERT" sehingga nantinya akan muncul sebuah menu pop up lagi seperti pada gambar di bawah ini:

Pada menu pop up di atas ada empat buah poin pilihan yaitu adalah Shift cells right (untuk menyisipkan cell ke kanan), Shift cells down (menyisipkan cell ke bawah), Entire row ( menyisipkan baris ), dan Entire column (menyisipkan kolom), silahkan anda pilih yang terahir yaitu "Entire column" yaitu "menyisipkan colom". Ok selanjutnya setelah anda klik "Entire column" maka silahkan anda klik "OK" sehingga nanti kolom akan berubah menjadi seperti pada gambar berikut:

 

Terakhir, kita tinggal isi kepala kolom baru dengan Kimia.
Cara Menggabungkan Beberapa Cell Menjadi Satu Pada MS Excel 2007
Membuat tabel, menggunakan Ms Excel sangatlah mudah, akan tetapi kadang kita akan menemui kendala, yang mengharuskan kita untuk menggabung beberapa Cell dalam Ms Excel menjadi satu. Nah untuk menggabungkan beberapa cell menjadi satu kita bisa menggunakan fungsi Merger,dengan fungsi merger ini,  kita dapat menggabungkan beberapa cell menjadi satu, sehingga cell yang tergabung tadi (range), akan tampak lebih besar dari cell yang lain. Perhatikan contoh kasus di bawah ini. Kita akan membuat Cell B1 yang mempunyai isi “Nilai” terletak ditengah tengah MTK, Bahasa Inggris, Kimia dan B. Indonesia dengan langkah-langkah berikut :
  1. Blok semua Cell yang akan kita satukan yaitu E4, F4, G4, H4
  2. Kemudian Klik Merge and Center
  3. Hasilnya nanti Nilai akan berada ditengah tengah.
Silahkan bisa dicoba!!!

imammukhtar

Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form