Menjaga Hati & Lisan

 

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ

وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى سيد نا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن ( اما بعد ).

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

وَقُلْ لِعِبَادِي يَقُولُوا الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْزَغُ بَيْنَهُمْ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلْإِنْسَانِ عَدُوًّا مُبِينًا

QS Ali Imron : 102

 (Q.S Al-Isra: 53)

Ma’ asyiral muslimin Jama’ah Jumat Yang Dirahmati Allah سبحانه و تعالى !!!

Dihari istimewa yang penuh berkah ini, marilah kita selalu berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah dengan terus berusaha menjalankan seluruh perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Semoga Allah selalu memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita sehingga kita selalu dalam keimanan dan ketakwaan kepada-Nya Amin. Dengan taqwalah kita bisa mencapai kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT, sebagaimana firmannya :

ﺇِﻥَّ ﺃَﻛْﺮَﻣَﻜُﻢْ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃَﺗْﻘَﺎﻛُﻢْ

Artinya :

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu” (QS. Al Hujurat: 13).

 

Ma’ asyiral muslimin Jama’ah Jumat Yang Dirahmati Allah سبحانه و تعالى !!!

Marilah kita selalu meningkatkan kadar ketaqwaan  kita kepada Allah SWT. Dengan berusaha sekuat tenaga untuk mengerjakan apa yang telah diperintahkan Allah SWT. dan mencurahkan sekuat tenaga meninggalkan segala apa yang dilarang Allah SWT.

Ma’ asyiral muslimin Jama’ah Jumat Yang Dirahmati Allah سبحانه و تعالى !!!

Salah satu bentuk perintah Allah yang harus kita laksanakan sebagai konsekwensi dari ketaqwaan kita kepada Allah yaitu menjaga hati dan lisan kita dari hal-hal yang merusak dan hal-hal menjerumuskan kita celaka baik di dunia maupun diakhirat. Hati sumber penggerak kebaikan untuk memamcu kita beribadah kepada Allah swt. Hati merupakan kiasan dari nurani kita dan lisan  merupakan perkataan dari manusia. Keduanya sangat memberi pengaruh yang amat menentukan bagi karakter seseorang dan juga memberi pengaruh terhadap lingkungan sekitar, entah dalam wujud yang manfaat atau merugikan.

 

Dalam kitab an-Nawâdir, karya Syekh Syihabuddin Ahmad bin Salamah al-Qalyubi disajikan sebuah renungan dalam bentuk kisah yang dialamai oleh Luqman Al Hakim nama lengkapnya Luqman an-Naubi al-Hakim bin Anqa’ ibnu Baruq. Ia merupakan penduduk asli Ailah Kota Kuno dalam Islam, untuk sekarang kota ini bernama Aqaba, yang berada di Negara Yordania sebelah selatan berbatasan dengan Israel.

 

Kisah ini dimulai, ketika Luqman al-Hakim menerima hadiah seekor kambing oleh seseorang. Pemilik kambing meminta Luqman untuk menyembelih kambing tersebut dan mengantarkan bagian paling buruk yang ada pada kambing tersebut. Luqman langsung menggorok leher kambing tersebut, mengulitinya juga mengiris-iris dagingnya sesuai kebutuhan. Luqmanpun secara khusus mengambil lidah dan hati kambing tersebut dan lalu mengantarkannya kepada pemiliknya.

 

Pemilik kambing dengan seketika memberinya kambing lagi. Tugasnya sama dengan yang pertama: beliau harus menyembelih kembali seperti yang pertama. Namun untuk kali ini pemilik kambing menginginkan Luqman untuk membawakannya bagian paling bagus, dan juga terbaik dari kambing tersebut.

Luqman dengan segera menjalankan tugasnya dengan baik. dan Kambing pun disembelih, lantas diambillah lidah dan hati untuk diberikan kepada pemiliknya. Luqman memberikan  hal yang sama untuk dua permintaan yang saling berlawanan itu.

 

Pemilik kambingpun bingung bercampur heran, dan bertanya dengan apa yang dilakukan oleh Luqman. Kenapa engkau memberikan kepadaku sesutau yang sama yaitu hati dan lidah terhadapa permintaan yang berbeda. Yang pertama aku minta bagian paling buruk engkau memberikan kepadaku lidah dan hati dan kedua aku mememinta bagian yang paling bagus, engkau juga memberikan padaku hati dan lidah. Luqmanpun menjawab, “tidak ada yang lebih buruk selain lidah dan hati apabila keduanya buruk, dan tidak ada yang lebih bagus dari lidah dan hati apabila keduanya bagus.”

 

Kisah ini mengungkap pesan, bahwa hal paling krusial dalam kehidupan ini adalah terjaganya hati dan lidah. Keduanya lebih dari sekadar daging fisik lainnya, keduanya hati dan lidah merupakan kiasan dari nurani dan perkataan dari manusia. Keduanya sangat memberi pengaruh yang amat menentukan bagi setiap orang lain dan juga lingkungan sekitar, entah dalam wujud yang manfaat atau merugikan.

 

Rasulullah pernah menggambarka hati dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

 

أَلاَ وَإِنَّ في الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلا وَهِيَ القَلْبُ

(رواه البخاري ومسلم)

Artinya, “Ingatlah sesungguhnya dalam jasad ada segumpal daging, jika ia baik maka baik pula seluruh anggota badan dan jika ia rusak maka rusak pula seluruh anggota badan, ketahuilah, ia adalah hati” (HR al-Bukhari dan Muslim).

 

Istilah qalb dimaknai sebagai apa yang sering kita sebut dengan “hati”. Hati memang tak terlihat oleh mata tapi pengaruhnya kepada setiap gerak-gerik manusia amat menentukan. Ia tempat berpangkalnya niat. Tulus atau tidak, jujur atau pura-pura, dan hanya Allah dan pemilik hati sendirilah yang mengetahui kebenarannya. Dalam Islam, hati merupakan sesuatu yang paling pokok. Hati seseorang menjadi titik tolak bagus dan rusaknya tiap perilaku manusia secara keseluruhan.

Begitu juga dengan Lisan Allah SWT memberikan karunia lisan kepada manusia untuk berbicara. Tentu saja karunia tersebut amat luar biasa. Namun sayangnya, banyak dari kita yang sulit mengendalikan lisan.

Sebuah pepatah bahasa Arab menyatakan bahwa keselamatan seseorang bergantung pada cara bagaimana ia menjaga lisannya. Pepatah itu menyatakan:


 
سَلَامَةُ اْلإِنْسَانِ فِي حِفْظِ اللِّسَانِ   

 Artinya: Keselamatan manusia terletak dalam menjaga lisannnya.   

 

Karena saking krusialnya, Islam bahkan hanya memberi dua pilihan terkait fungsi lisan: untuk berkata yang baik atau diam saja. Seperti bunyi hadits riwayat Imam al-Bukhari:  

 

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَــقُلْ خَـيْرًا أَوْ لِيَـصـمُــتْ

Artinya “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam.”

Hadits yang disepakati keshahihannya ini merupakan nash yang sharih, bahwasanya tidak seharusnya seseorang berbicara melainkan apabila perkataan tersebut baik, yaitu yang tampak jelas maslahatnya (nilai manfaatnya), dan ketika ragu tentang kejelasan maslahatnya, maka janganlah berbicara dan lebih baik diam.


Al-Imam asy-Syafii berkata, “Apabila seseorang ingin berbicara, maka hendaklah dia berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara, apabila telah jelas maslahatnya, maka silahkanlah berbicara, dan apabila ragu-ragu tentang maslahatnya, maka lebih baik tidak berbicara sampai jelas maslahatnya”.

 

Imam asy-Syafii juga pernah berpesan kepada muridnya ar-Rabi, “Wahai ar-Rabi, janganlah kamu berbicara tentang perkara yang tidak penting bagimu, karena apabila kamu berbicara satu kata, maka ia akan memilikimu, sedangkan kamu tidak dapat memilikinya.


Allah juga mengutus malaikat khusus untuk mengawasi setiap ucapan kita.

  مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

"Tak ada suatu kalimat pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (QS. Qaf :18)

Semoga Allah senantiasa memberi hidayah kepada kita semua, agar kita senantiasa bisa menjaga lisan kita dari hal-hal yang tidak ada manfaat, dan memberi hidayah kepada agar bisa menjaga hati kita dari hal” yang bisa mengotorinya Aamiin-aamiin ya robbal alamiien



بارك الله لى ولكم في القرأن العظيم ونفعني واياكم بالأيات والذ كر الحكيم اقول قولى هذا واستغفروه انه هو الغفور الرحيم.

 

 


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            

 

 

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا 

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ.

اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِين وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتَكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.

 اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ
رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
 
عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ  

وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

 

QS. Al-Ahzab : 56

QS. Al Baqoroh 2 : 21

QS. Al A’rof : 23

 

imammukhtar

Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan 4

Iklan 6

Contact Form