Wisata Alam Sungai Bawah Tanah Gua Wareh

Gambar 01. Wisata Alam Sungai Bawah Tanah Gua Wareh
Pegunungan kapur utara atau Gunung Kendeng ternyata menyimpan beragam pesona, salah satu diantaranya Gua Wareh. Meskipun termasuk gua kecil dengan panjang kurang dari 200 meter tapi mempunyai pesona yang luar biasa dan menarik sekali untuk dikunjungi yaitu berupa mata air yang mengalir dari dalam gua atau bisa disebut juga sungai bawah tanah. Sehingga bila anda mandi atau berenang di dalamnya maka anda bisa membayangkan seolah-olah berada di Gua Pindul  yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau bahkan bisa berhalusinasi kalau seolah-olah berada di Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa yang ada di Pilipina.😃😃😃

Kenapa kok bisa seperti itu? membayangkannya kok terlalu tinggi amat sih...!!! sampai menyamakan dengan Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa yang termasuk salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam (7 Wonders Of Nature). Jawabnya... karena hampir mempunyai pesona yang sama yaitu  sama-sama sungai bawah tanah, berada di kaki bukit kapur, bahkan penulis bisa mengatakan lebih mengasyikkan di Gua Wareh karena disini kita tidak hanya cave tubing yaitu menyusuri sungai bawah tanah diatas pelampung atau ban, tapi juga bisa mandi, renang dan menyelam langsung tanpa ada resiko yang terlalu membahayakan karena rata-rata kedalaman airnya berkisar 150 cm. Kelebihan yang kedua lokasi dekat dari rumah penulis, jadi tidak terlalu menguras isi kantong hehehe, kalau bawa mobil cukup 5000 rupiah saja plus bensin atau solar 2 liter, keren kan...! 

Gua Wareh merupakan anugrah dari Allah untuk Pati Selatan terkhusus masyarakat sekitar gua, karena dari dalam gua mengalir mata air yang berupa sungai bawah tanah yang tak pernah kering, panjangnya kurang lebih 50 meter, dengan air yang teramat jernih dan bebas polusi karena dasar gua berbatu dan berpasir. Sehingga masyarakat sekitar memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan rumah tangga dari mandi, mencuci, masak bahkan untuk keperluan irigasi yaitu untuk mengairi sawah dan ladang penduduk sekitar. Maka, tidaklah sempurna bila berwisata di Gua Wareh tapi tidak berenang di sungainya.
Gambar 02. Jernih, Dingin dan Segar
Lokasi Wisata Alam Sungai Bawah Tanah Gua Wareh berada di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa tengah, Indonesia. Wisata ini berjarak 15 kilometer keselatan dari pusat kota pati, kira-2 dapat ditempuh dengan waktu 25 menit. 



Semoga Bermanfaat...!

imammukhtar

Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

Previous Post Next Post

Contact Form