Tampilan Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
1. Simpan Lembar Kerja yang sudah dibuat.
2. Tutup Program Aplikasi dengan cara memilih salah satu Langkah Berikut :
Istilah – istilah penting yang ada pada Microsoft Excel :
a. Cell, perpotongan kolom dan baris.
b. Range, kumpulan dari beberapa cell
c. Coloum, Kolom pada Ms Excel yang berjumlah 16.384 kolom.
d. Row, baris pada Ms Excel yang berjumlah 1.084.576
Latihan Soal 1 !
1. Jelaskan yang dimaksud dengan spreadsheet !
2. Sebutkan contoh program spreadsheet !
3. Sebutkanlah kegunaan dan fungsi dari program Ms Excel pada 5 (lima) bidang
Microsoft Office Excel 2007 memiliki tampilan antarmuka berbeda dengan versi – versi sebelumnya. Daftar perintah yang biasa dikelompokkan menu, kali ini dikelompokkan dalam beberapa tab yaitu Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review dan View.
Cara menggunakan dan mengaktifkan Microsoft Excel 2007 dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Klik menu START pada taskbar
- Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Excel 2007
MENGENAL BAGIAN DOKUMEN / INTERFACE
- Office Button, terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
- Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol atau icon2 yang sering digunakan dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
- Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
- Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
- Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
- Zoom Level / Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja atau perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.
- Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
- Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
- Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
- Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
- Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1.084.576.
- Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
- Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
- Status Bar, Status lembar kerja anda.
- Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
- Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
- Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
- View Button atau Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
1. Simpan Lembar Kerja yang sudah dibuat.
2. Tutup Program Aplikasi dengan cara memilih salah satu Langkah Berikut :
- Klik Office Button à Pilih Exit Excel
- Tekan Kombinasi tombol Alt + F4 pada Keyboard.
- Klik tombol Close pada Control Button.
Istilah – istilah penting yang ada pada Microsoft Excel :
a. Cell, perpotongan kolom dan baris.
b. Range, kumpulan dari beberapa cell
c. Coloum, Kolom pada Ms Excel yang berjumlah 16.384 kolom.
d. Row, baris pada Ms Excel yang berjumlah 1.084.576
1. Jelaskan yang dimaksud dengan spreadsheet !
2. Sebutkan contoh program spreadsheet !
3. Sebutkanlah kegunaan dan fungsi dari program Ms Excel pada 5 (lima) bidang
4. Berilah contoh pada masing–masing bidang (minimal 2 contoh) !
5. Sebutkanlah 3 (tiga) cara dalam mengaktifkan Aplikasi Ms Excel, secara detail !
8. Sebutkan tombol yang terdapat pada bagian control button dan jelaskan fungsinya !
9. Jelaskan kegunaan dari perintah Ikon Font, Top Align, Borders, Bold, Middle Align !
10.Jelaskan Kegunaan dari Grup Number dan sebutknlah ikon perintah yang ada didalamnya !
5. Sebutkanlah 3 (tiga) cara dalam mengaktifkan Aplikasi Ms Excel, secara detail !
6. Jelaskanlah pengertian dariistilah" berikut?
- Quick Acces Toolbar
- Formula Bar
- Name Box
- Title Bar
8. Sebutkan tombol yang terdapat pada bagian control button dan jelaskan fungsinya !
9. Jelaskan kegunaan dari perintah Ikon Font, Top Align, Borders, Bold, Middle Align !
10.Jelaskan Kegunaan dari Grup Number dan sebutknlah ikon perintah yang ada didalamnya !
11.Jelaskan kegunaan dari perintah ikon2 berikut !
- Shapes
- Text Box
- Find & Select
- Clipart
- Header & Footer