PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

Macam-Macam Perangkat Lunak  Komputer
Perangkat lunak (Software) merupakan sebuah program computer yang menjembatani pengguna computer (Brainware) dengan perangkat keras (hardware) yang digunakan. Dari pengertian tersebut, perangkat lunak mempunyai fungsi sebagai berikut : 
  1. Mengidentifikasi Program.
  2. Menyiapkan Aplikasi Program
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
Secara umum, software digunakan untuk mempermudah pengorganisasian kinerja Hardware. Dengan adanya software akan mengurangi interaksi manusia pada Hardware yang bermacam-macam. 
Kita dapat mengelompokkan software berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware. Dukungan pada hardware dapat digambarkan dalam diagram dibawah ini: 

Dari gambar terlihat dibawah hardware langsung terdapat software sistem operasi. Software sistem Operasi ini yang melakukan hubungan dengan hardware secara langsung. Hardware yang beroperasi tanpa sistem operasi akan mempunya operasi yang terbatas dan tidak dapat di gunakan untuk menjalasnkan software aplikasi. 

Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi dua katagori yaitu Perangkat Lunak Sistim Operasi & Perangkat Lunak Aplikasi :

  • Perangkat Lunak Sistim Operasi : Sistem operasi merupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer (bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi serta sebagai perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi – operasi dasar system, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Computer tidak bisa menjalankan perangkat lunak aplikasi jika anda tidak memiliki sistim operasi didalamnya. 
Dilihat dari cara interaksi antara pengguna dan computer, sistim operasi dibagi menjadi 2 cara, yaitu Sistim Operasi berbasi CUI (Character User Interface) intruksi atau perintah yang diberikan berupa teks dan Sistim Operasi berbasi GUI ( Graphical User Interface ) intruksi atau perintah yang diberikan berupa grafis atau gambar dengan bantuan pointer. 
Contoh Sitim Operasi Berabasi CUI (Character User Interface) teks :
  1. DOS ( Disk Operating System ) dikeluarkan Microsoft yang merupakan cikal bakal Windows yang banyak beredar sekarang. 
  2. UNIX merupakan sistim operasi berbasis teks yang tertua. 
Contoh Sistim operasi Berbasi GUI (Graphical User Interface) sistim operasi ini lebih banyak gambar dan warna sehingga lebih menarik dan lebih mudah digunakan :
  1. Windows Produk Microsof,t operasi jenis ini antara lain Windows 95, Windows 98, Windows XP, Windows ME, Windows Vista, Windows 2007 dan Windows 8. 
  2. Linux Produk Novel 
  3. Unix 
  4. Macintosh Produk Apple 
 
  • Perangkat Lunak Apliaksi (Aplikacion Software) Perangkat Lunak aplikasi merupakan program yang dibuat atau dirancang untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu atau dengan pengertian lain program yang di buat untuk tujuan tertentu yang membantu pengguna dalam kegiatan sehari - hari misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dll. 
Program aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa katagori antara lain sebagai berikut : 
  1. Program Aplikasi Pengolah Kata : Microsoft Word, Wordpad, Notepad, Adobe Page Maker dan WS ( Word Star ).
  2. Program Aplikasi Pengolah Angka : Microsoft Excel, Lotus 123 dan Quattro Pro.
  3. Program Aplikasi Database : Microsoft Access, Paradox, Visual dBase dan dBase III+
  4. Program Aplikasi Presentasi : Microsoft Power Point dan macromedia Flash. 
  5. Program Aplikasi Grafis : Corel Draw, Adobe Photoshop dan Macromedia Freehand.
  6. Program Aplikasi Akuntasi : DEA, MYOB, General Ledger dan Sybiz.
  7. Program Aplikasi Teknis : Visio, Autocad dan Visual Architekture.
  8. Program Apliaksi Permainan : Solitair, Mario dan Pinball
  9. Program Apliaksi Bahasa : Lingusit dan Webster.
  10. Program Pembuat Program : Basic, Delphi, Turbo Pascal, Visual Basic, Cobol & Fortan.
  11. Program Aplikasi Web : Microsoft Front Page, PHP dan Java Script.
  12. Program Olah Data Statistik : SPSS
Disamping itu ada perangkat lunak lain yang tak kalah pentih diantaranya :
  • Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman Perangkat lunak yang berfungsi untuk mengonversikan algoritma kedalam format yang bisa dijalankan computer atau dengan istilah lain Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan. 

Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
  1. Low Level Language Program ( Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah) disebut juga dengan Bahasa Mesin contohnya Assembly machine code untuk mempresentasikan machine code kedalam komputer, Machine Code ( kode yang disimpan dalam bentuk angka binner 0 dan 1 ).
  2. Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
  3. High Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), Contohnya Pascal, Borland , Fotran, Algol, Delphi dan Cobol.
  4. 4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ), contohnya Visual Basic, Visual FOxPro 
  • Perangkat Lunak Program Bantu (Utility Soft ware) Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya. 
 
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu : 
  1. Anti Virus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi dan menghapus virus computer dari sistem computer. Antivisrus disebut juga virus protection software. aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah system computer telah terinfeksi sebuah virus atau tidak, anti virus -2 terbaru tidak hanya mendeteksi virus akan tetapi dilengkapi juga dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits dan malware – malware lainnya. Contoh antivirus antara lain : Ansav, Avira, AVG, Bit Defender, Smadav dan MC Afee.
  2. Defragmentasi adalah proses penataan kembali file – file pada harddisk yang bercera – berai untuk dikumpulkan kembali.
  3. Recovery File digunakan untuk mengembalikan file yang rusak atau hilang karena virus atau kerusakan yang lain, contoh : Symantec Antivirus, Undelete, Tune Up Utilites dan Hiren. 
  • Perangkat Lunak Program Paket  Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll. 


Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
  1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice.
  2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
  3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw
  • Perangkat Lunak Program Permainan Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer. 
Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
  1. Solitaire, tersedia pada Accessories Windows
  2. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
  3. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia

  • Perangkat Lunak Program Multimedia Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.

Contoh Program multimedia yaitu : 
  1. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
  2. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
  3. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet

imammukhtar

Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

14 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form