Gua Kreo

Tempat Wisata Gua Kreo

Gua Kreo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kota Semarang, tepatnya di areal hutan yang berada didaerah perbukitan (Gunung Krincing) dan lembah sungai Kreo dan berada di Dukuh Talun Kacang Kelurahan Kandri Kecamatan Mijen. Berjarak kurang lebih 13 km kearah selatan dari bundaran Tugu Muda Semarang.

Kami sekeluarga secara tidak terencana berkunjung ke Gua Kreo setelah memeriksakan anak kami Zahratussyifa Elghiffary di RSUP. Kariadi atas rujukan dari RS. Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati, tepat dihari Kamis 28 desember 2017, yang mana sebelumnya mengunjungi Klenteng Sampokong atau laksamana Ceng Hoo terlebih dahulu.

Legenda Gua Kreo
Gua Kreo merupakan tempat bersejarah yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai petilasannya Sunan Kali Jaga, pada saat beliau hendak mencari pohon jati yang akan digunakan untuk membuat tiang atau saka guru Masjid Agung Demak. Yang mana aslinya pohon jati yang dicari itu berada dikawasan bukit Gombel, sehingga nama tempat asli pohon jati itu diberi nama Jati Ngaleh artinya pohon Jati yang berpindah. Karena ketika pohon jati itu mau diambil kayunya oleh Sunan Kalijaga ternyata berpindah tempat, yaitu pindah diwilayah yang sangat sulit untuk dijangkau, tepatnya diarea yang sekarang dikenal sebagai kawasan Gua Kreo.

Oleh karena itu akhirnya Sunan Kalijaga berdoa kepada Allah didekat sebuah gua agar bisa mengambil pohon jati tersebut, tiba - tiba datanglah empat ekor kera dengan warna berbeda hitam, putih, kuning dan merah, yang berniat ingin membantu sang Sunan dan sahabatnya untuk mengambil kayu Jati tersebut. Dengan bantuan empat ekor kera tersebut sang Sunan dan sahabatnya akhirnya berhasil mengambil kayu jati tersebut untuk dijadikan saka guru Masjid Agung Demak.

Keempat kerapun ingin ikut bersama sang Sunan ke Demak, karena mereka bukan bangsa manusia, Sunan Kalijagapun keberatan dan sebagai gantinya memberi anugrah kepada kera - kera tadi untuk Kreho yang artinya menjaga tempat tersebut ( tempat ditemukannya pohon jati yang ada guanya ). Dari sinilah gua itu diberi nama Gua Kreo dan sampai sekarang gua itu dihuni oleh ratusan kera liar tapi jinak ...

Semoga bermanfaat ...




imammukhtar

Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

Previous Post Next Post

Contact Form