KONFIGURASI SISTEM KERJA KOMPUTER

Secara garis besar seperti yang yang sudah dijelaskan di atas, konfigurasi atau cara kerja Hard Ware (Perangkat Keras) dalam sistem komputer terbagi dalam 4 kelompok yaitu : Input Devices, Process Devices, Output Devices plus Media Penyimpan Data. Perhatikanlah skema sistim kerja komputer berikut ini : 
Gambar. Skema prinsip  dasar Sistem Kerja  Komputer
Gambar. Skema prinsip dasar Sistem Kerja Komputer

Input Devices ( Perangkat Masukan ) 
Unit Input dalam sebuah komputer merupakan suatu bagian yang berperan sebagai media penerima masukan dari user. Unit ini merupakan Gate (gerbang) dimana melalui unit ini user akan memasukkan / memberikan perintah-perintah yang nantinya akan diolah oleh unit lain sehingga pada bagian akhir akan didapatkan suatu hasil yang sesuai keinginan user. Contoh dari input devices antara lain: 
  • Keyboard (papan ketik) : Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan memanfaatkan kinerja saklar ON-OFF yang diterapkan dalam sekumpulan tombol. Bila salah satu tombol ditekan maka tombol tersebut akan memberikan arus listrik ke papan ketik sehingga dalam proses berikutnya arus ini akan diolah menghasilkan suatu tulisan/karakter di layar.
Keyboard
  • Mouse : Merupakan suatu alat yang digunakan untuk menerima masukan selain karakter. Biasanya alat ini digunakan untuk menggambar. Prinsip kerja alat ini adalah gerakan yang dibuat oleh user akan direkam oleh bola untuk kemudian dibagi menjadi gerakan vertikal dan horisontal oleh gear vertikal/horisontal sehingga akan dapat diukur oleh sensor seberapa jauh perpindahan yang harus ditampilkan di layar.

Mouse
  •  Scanner : Digunakan untuk memasukkan data khususnya data yang berupa Gambar (Image).
Scanner
  • Joystick : Alat input yang digunakan disaat kita memainkan permainan (Game).
Joistic
  • Foto Digital atau Video Capture Alat yang digunakan untuk memotret atau mengambil gambar / foto. Alat ini adalah salah satu perangkat tambahan yang bisa dihubungkan dengan computer dan bisa memasukkan data (file / gambar foto) ke dalam computer.

Camera Digital

  • Mic : Memberikan beberapa sentuhan efek suara atau audio untuk bermain music (karaoke) dll.

Micropun

Perangkat Proses ( Process Devices )
Perintah data yang dimasukkan oleh perangkat masukkan akan diolah dan diprocess pada unit pengolah data yang disebut sebagai CPU (Central Procesing Unit). Unit proses merupakan bagian utama dari komputer. Pada unit ini terjadi kegiatan pengolahan data yang diterima dari unit sebelumnya. Data-data yang dimasukkan user melalui keyboard akan diolah dengan menggunakan logika (arithmetic logic unit - ALU). Processor merupakan perangkat utama pada unit process yang berupa chip besar terletak tepat di tengah bagian utama (main board) dan merupakan otak komputer. Segala sesuatu yang terjadi dalam komputer dikontrol oleh chip ini.
Jenis dan tipe unit proses dari berbagai generasi.
Bagian - bagian terdapat pada CPU :
  • Motherboard Rangkaian elektronik yang terpasang pada papan PCB (Printed Circuit Board).
Motherboard

  • Main Memory Merupakan tempat penyimpanan data internal computer. Ada dua jenis main memory pada computer yaitu sebagai berikut :
  1. RAM (Random Acces Memory) merupakan memory utama yang berfungsi sebagai alat penyimpanan sementara pada komputer.
  2. ROM (Read Only Memory) merupakan  memory yang hanya bisa dibaca, namun isi didalamnya tidak bisa dirubah ubah.

RAM
  • Procesor Merupakan komponen terpenting yang terpasang melekat pada Motherboard yang berfungsi mengkoordinasi seluruh system perangkat dan komponen yang ada pada computer.
Procesor
  • CD-ROM Drive Perangkat yang berguna membaca is CD (Compack Disk).
CD-ROM
  • Sound Card perangkat yang memproses data suara yang masuk maupun keluar computer.
Sound Card
  • VGA Card (Video Graphic Adapter) Perangkat yang digunakan untuk mengatur tampilan Grafis (gambar) pada monitor. VGA mempunyai kapasitas memory tersendiri yang akan berpengaruh pada tampilan, semakin besar kapasitas memory maka kualitas gambar semakin bagus begitu juga sebaliknya.
VGA Card
  • Power Supply Merupakan alat yang berguna untuk memberikan sumber daya listrik kesegala komponen – komponen yang terdapat dalam mainboard, hard disk, CD-ROM, Floppy Disk dll.
Power Supply


Perangkat Outpu (Output Devices)
Unit output adalah unit keluaran, jika data sudah Anda inputkan, maka data akan diproses kemudian akan ditampilkan baik ke monitor atau layar komputer maupun kertas. Contoh perangkat output :
  • Monitor Bagian akhir dari sebuah komputer adalah unit display yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara user dengan komputer.
Monitor LCD (Liquid Cristal Display)


Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
  • Printer Unit output lain dari komputer adalah printer yang merupakan bagian terpisah dari sebuah PC yang berfungsi sebagai pencetak hasil pengolahan data pada media seperti kertas dengan menghasilkan pola-pola tertentu.

Printer Ink Jet


Printer Dot Matrix

Printer Laser
  • Plotter Merupakan perangkat keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar–gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna contoh untuk membuat atau mencetak banner.

Plotter
  • Speaker Perangkat yang digunakan untuk mendapatkan atau mendengarkan informasi dalam bentuk suara.
Speaker
  • LCD Proyektor  Perangkat keluaran dalam bentuk visual yang meghasilkan gambar bergerak (video Output) yang lebih besar dari pada di Monitor.
LCD Proyektor

Media Penyimpan Data (Storage Devices) 
Merupakan alat penyimpan data baik Internal (Nonremovable Storage) maupun eksternal (Removable Storage).
Tujuan dari adanya perangkat ini adalah sebagai berikut :
  1. Menyimpan data dan program secara permanen dan tidak bergantung pada aliran listrik.
  2. Sebagai alat untuk memindah data atau program dari satu computer ke computer lainnya.
  3. Sebagai alat backup ( cadangan ) data dan program demi keamanan file – file penting.

Jenis – jenis Media penyimpan data yaitu :
  • Internal (Nonremovable Storage) contoh : Hard Disk (media penyimpan data yang paling besar sekaligus sebagai peletak program dasar dari program aplikasi).


Hardisk
  • Eksternal (Removable Storage) Contoh : Disket, CDR (Compack Disk Recorder), Flash Disk, DVD (Digital Versatyle Disk), Memory.  
Disket

CD-R

Flash Disk


DVD


Memory

imammukhtar

Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

17 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form