Widget Yang Harus Ada Dalam Blog Yang Kita Buat

Widget Penting Yang Harus Ada Dalam Sebuah Blog
Jumpa lagi di Dunia Blogger bersama imammukhtar.com, setelah kita belajar membikin blog dengan platform blogspot pada konten atau post Cara Membuat Blog,  kali ini kami akan mencoba untuk menulis sebuah konten atau post yang isinya menjelaskan tentang apa saja widget yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah blog. diantaranya sebagai berikut :
Search Box (Kotak Pencarian) 
Merupakan sesuatu yang sangat penting keberadaannya dan harus ada di sebuah blog. Karena bisa jadi pembaca yang lagi BW (blog walking) datang ke blog kita dan berniat mencari satu konten atau post tertentu, sedangkan konten yang telah kita buat jumlahnya mencapai ratusan, maka keberadaan dari Search Box ini menjadi teramat sangat penting.

Dari sinilah alasan Search Box itu wajib ada, untuk memudahkan pembaca mencari sesuatu di blog yang kita miliki. Kalau masalah tempat sebaiknya posisi Search Box itu berada pada bagian atas post (header). Sehingga pembaca akan merasa senag dan yaman untuk sering-sering berkunjung dan tinggal berlama-lama di blog kita.  

Profile Blogger 
Profile Dari Web Imammukhtar.Com
Dengan adanya profile blogger di blog kita, orang akan tahu siapa kita sebenarnya. Hal ini termasuk sesuatu yang penting dan harus ada di sebuah blog. Karena kebanyakan pembaca yang lagi BW di sebuah blog akan mencari tahu terlebih dahulu profile dari pemilik blog tersebut. Dari sinilah mereka mengenal kita, mengapa, kenapa dan untuk apa terjun menjadi seorang blogger.   Posisi yang paling tepat untuk menempatkan Profil Blogger menurut kami adalah tepat berada pada sebelah konten atau post (sidebar). 

Popular Posts
Contoh tampilan dari Popular Post

Berfungsi untuk menampilkan konten atau post yang yang paling terkenal atau paling banyak pengunjungnya, pentingnya keberadaan dari popular post adalah jika ada pembaca masuk ke blog kita, harapannya dia akan klik juga post yang ada di sidebar ini. Kita bisa menampilkan 5 atau 10 post pada widget populah post sesuai dengan keinginan, kita tinggal mengaturnya pada pengaturan yang sudah disediakan oleh blogger. 

Statistik Blog
Statistik berdasarkan ilmu bahasa (lingusitik) artinya sebuah grafik yang menunjukan perkembangan data dari hari kehari, jadi widget statistik  blog sangat penting keberadaannya  untuk menunjukkan perkembangan trafik mulai dari banyaknya pengunjung, sumber lalu lintas pengunjung, bahkan hingga OS yang dipakai pengunjung dalam menjelajahi blog kita. Untuk menempatkan statistik blog posisi yang paling tepat adalah pada sidebar (sebelah kanan post).

Featured Post
Berfungsi mempermudah pemilik blog untuk menampilkan artikel yang paling dianggap penting pada blognya tanpa harus mengerti dan menguasai html ataupun css terlebih dahulu.

Archive Blog
Berfungsi untuk membantu pengunjung, menemukan post atau komen yang telah menjadi archive. 

Label
Bisa dibaca langsung, dengan klik disini Label Dalam Blogspot.

Image Gadget
Berfungsi untuk menambahkan gambar dari PC kita atau dari sumber mana pun yang kita miliki, untuk membuat tampilan blog kita lebih menarik.
Page Atau Halaman
Berfungsi untuk menginformasikan pada pengunjung suatu blog, keberadaan dari halaman-halaman penting yang ada di dalamnya, diantaranya sebagai berikut :
Isi dari widget page
  • Sitemap Blog halaman sitemap blog berguna untuk membantu pengunjung supaya lebih mudah mengakses konten atau post yang ada pada sebuah blog. Sitemap Blog bisa dikatakan kunci atau daftar isi dari suatu blog,  dalam bentuk daftar link dan terhubung internal pada suatu koten atau post. Sehingga post-post yang berada dalam sebuah blog lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan mesin pencari.
  • About me untuk blog pribadi, sangat tepat menambah halaman about me (tentang diri pemilik blog). Kita bisa menulis sesuatu hal tentang diri kita untuk diperkenalkan kepada para pengunjung siapa kita sebenarnya secara detail. Tujuannya agar para pengunjung tahu tentang siapa yang punya blog. Sehingga dapat diketahui konten yang ada di dalam blog bisa di pertanggungjawabkan akan kebenarannya.
  • Contact Us adalah sebuah halaman yang dibuat oleh pemilik blog untuk memudahkan pengunjung saat ingin menyampaikan pendapat, kritik, pesan singkat, ide dan lain sebagainya nya kepada pemilik, sekaligus berfungsi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dari pada blog tersebut. Maka dari itu, halaman Contact Us tidak boleh diremehkan karena merupakan sebuah elemen penting yang harus dijaga, dirawat dan diperbaiki sesuai ketentuan yang telah ditentukan di halaman Contact Us tersebut.
  • Privacy Policy dalam bahasa Indonesia disebut dengan "Kebijakan Privasi", merupakan suatu dokumen berisi pernyataan tentang kebijakan dalam mengoleksi informasi pengunjung. Pada dasarnya, Privacy Policy bertujuan memberikan kepastian kepada pengunjung bahwa informasi yang dikirimkan oleh pengunjung pada administrator blog benar-benar aman dan terpercaya.
Sementara sampai disini dulu pembahasan tentang sesuatu yang harus ada dalam blog kita, konten ini akan terus mengalami perbaikan seiring dengan berjalannya waktu dan didapatnya pengetahuan-pengetahuan baru tentang "Sesuatu Yang Harus Ada Dalam Blog" dan terimakasih telah sudi berkunjung ke blog kami, semoga bermanfaat buat kita semua.

Jangan lupa baca juga konten- konten berikut : 

  1. Lahirnya Ide Untuk Menulis
  2. Cara Membuat Blog
  3. Label Dalam Blogspot
  4. Etika Menulis Di Blog
  5. Sesuatu Yang Harus Ada Dalam Blog Yang Kita Buat
  6. Cara Menyematkan File Dari Drive Ke Blog

imammukhtar

Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form